Waktu Publis 22.58.00 - by Mas seo - 1 comment

Rahasia Ciri Template Blog Seo Friendly menurut pakar seo

Rahasia Ciri Template Blog Seo Friendly menurut pakar seo
Saat nya membongkar ulasan rahasia ciri-ciri Template Seo Friendly lengkap di dalam blog menurut pakar seo Profesional, yang merupakan modal awal utama ketika pertama kali kita memulai blogging. Artikel ini juga sebagian dari optimasi seo onPage Template yang seo friendly bisa menjadi faktor pendukung yang sangat esensial dalam menentukan sukses atau tidaknya sebuah blog. Template seo friendly lebih mudah dan cepat terindex di google dibandingkan dengan template yang lainnya.

Baca juga: cara optimasi seo onpage pada lengkap

Ciri-ciri template blog yang seo friendly

 1. Mempunyai Heading Title

Heading title berfungsi agar blog dan postingan dapat dengan mudah terindex oleh mesin pencari google, heading title adalah sebuah heading tag yang berupa kode html, dan biasanya disebut dengan istilah H1 yang digunakan sebagai judul blog atau judul artikel.

2. Menggunakan Meta Tag Otomatis

Meta Tag adalah sebuah kode HTML yang berfungsi untuk memberikan informasi dan membantu agar sebuah blog lebih mudah dikenali oleh mesin pencari dalam proses mengindex blog anda. Sehingga meta tag ini sangat erat kaitannya dengan seo dan google serp, jadi salah satu syarat bagi template yang seo friendly adalah memiliki meta tag otomatis.

3. Heading tag
H1 untuk Judul artikel atau judul blog.
Ciri Template blog seo friendly yang kedua adalah judul artikel yang anda buat pada artikel secara otomatis  menggunakan tag H1, Tag H1 dalam tiap halaman jumlahnya harus 1 tidak boleh lebih. jika dalam halaman anda tidak terdapat H1 atau terdapat H1 lebih dari satu maka template blog anda bukan merupakan template blog seo friendly, jika url mengarah ke beranda maka yang menjadi tag H1 adalah judul blog dan H2 adalah judul-judul artikel, dan jika URL mengarah pada halaman artikel anda maka judul artikel harus H1 dan judul blog H2.


4. Gunakan H3 pada setiap judul widget
Widget biasanya terletak pada sidebar, seperti popular post dan arsip blog, widget terdiri dari judul dan isi widget, judul widget, biasanya menggunakan tag H2, agar lebih seo friendly judul untuk tiap widget dianjurkan untuk menggunakan H3

5. Memiliki Related Post

Related post adalah sebuah widget yang terdapat dalam sebuah blog yang biasanya letaknya berada dibawah postingan. Fungsinya adalah untuk memberitahukan kepada visitor tentang artikel/ posting yang berkaitan dengan postingan yang sedang dibaca. Penggunaan related post ini biasanya ditentukan berdasarkan label/ kategori sebuah postingan  yang memiliki keterkaitan.
Usahakan pakai script biasa, Mengapa? karena related post ini berfungsi agar google bot bisa merayap atau mengindex artikel-artikel lainya yang ada di blog tersebut. Dengan kata lain related post ini berfungsi sebagai internal link pada blog tersebut. Tapi kenapa harus ada syarat harus tampil segala? alasanya bot google cenderung tidak senang mengindex link yang dihasilkan oleh script eksternal seperti javascript, dan jquery.

6. Memiliki tombol share ke social media


Tombol share ke social media seperti facebook, google+, twitter, instagram, pinterest dan lain sebagainya ternyata memiliki peran yang cukup penting terhadap seo blog, karena dengan menshare posting blog kesosial media dapat menarik visitor blog yang cukup besar, terlebih jika anda memiliki follower sosial media yang jumlahnya ribuan atau bahkan jutaan follower.

7. Memiliki Breadcrumbs

Breadcumbs blog adalah sebuah menu navigasi yang biasanya terletak diatas judul postingan blog yang strukturnya terdiri dari HOME => Label => Judul posting. Template yang memiliki breadcumbs cenderung lebih mudah terindex oleh mesin pencari serta mempermudah pengunjung untuk melacak lokasi posting dan mempermudah ketika hendak kembali ke halaman Homepage.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar contoh breadcumbs dibawah ini:

8. Di halaman utama sudah menggunakan auto readmore otomatis yang dilengkapi thumbnails, usahakan tanpa js(java script), agar ringan.

9. Memiliki tampilan yang menarik serta tata letak widget yang mudah untuk diakses user/pengunjung, dan tampilan yang rapi.

10. Memiliki Meta Keyword dan Deskripsi yang jelas


Meta keyword adalah sebuah koda HTML yang berfungsi untuk menjelaskan isi dari sebuah halaman blog melalui sebuah kata kunci (keyword) yang biasanya diletakkan didalam kode dari sebuah template blog. Tujuannya adalah agar kata kunci yang dibidik dapat dengan mudah terindex oleh mesin pencari.

Sedangkan Meta Deskripsi (Description) adalah sebuah kode HTML yang juga terletak didalam kode yang berfungsi untuk menjelaskan garis besar dari sebuah halaman blog atau sebuah posting blog yang ditulis dalam bentuk kalimat (deskripsi singkat).  

11. Ringan dan fast Loading

Ciri lain dari template blog yang seo friendly adalah harus ringan dan fast loading, artinya memiliki loading yang cepat ketika diakses melalui semua perangkat baik itu perangkat mobile ataupun pc. Bahkan dapat diakses dengan mudah dalam jaringan internet yang lambat. Karena blog yang memiliki loading lambat biasanya akan lebih dahulu ditinggalkan oleh visitor sebelum blog tersebut terbuka seluruhnya, sebab visitor pasti tidak sabar dan cenderung lebih memilih blog yang fast loading.

12. Dapat Menghindari terjadinya duplikat konten.
Template blog seo friendly harus bisa mengantisipasi terjadinya duplikat kontent,atau konten ganda.

13. Responsive

Template blog responsive adalah template blog yang tampilannya dapat menyesuaikan segala jenis macam perangkat secara otomatis, baik itu perangkat mobile maupun perangkat pc/ laptop dengan berbagai macam ukuran layar. Sehingga dengan menggunakan template blog responsive, maka visitor tidak perlu men scroll layar kekiri atau kekanan untuk melihat semua halaman blog, karena halaman blog sudah menyesuaikan lebar layar perangkat secara otomatis.

14. Mobile Friendly

Blog mobile friendly adalah sebuah blog yang didesain khusus selain dapat diakses dengan perangkat pc juga dapat diakses dengan perangkat mobile dengan baik. Ini adalah sebuah pengembangan dari blog terkait dengan semakin berkembangnya teknologi internet mobile yang mengakibatkan kebanyakan pengunjung blog adalah berasal dari perangkat mobile. Karena selain ukurannya yang lebih simple, lebih ringan dan dapat dibawa kemana-mana, perangkat mobile sekarang ini juga tidak kalah dengan perangkat pc, bahkan untuk masalah kecepatannya bisa lebih cepat daripada perangkat pc

15. Meta Tag noArchive
Terkadang Arsip pada blog bisa memunculkan duplikat konten blogger, nah untuk mengatasi hal ini biasanya template blogger dipasang meta tag seperti ini di bawah :

   
   
   

Meta Tag diatas berguna agar Archive tidak terindex oleh Google dan nantinya tidak akan memunculkan duplikat konten pada blog

16. Tidak Banyak render JavaScript dan CSS
 tidak banyak javascript pada tempate kalau anda mempunyai hosting dan bandwith besar ini tidak masalah namun jika bandwith anda pas-pasan kurangi saja script pakailah HTML5 yang lebih ringan untuk mendesign template dan juga bisa memperberat loading blog/web

17. Memilih Font User Friendly
Dalam banyak kasus font adalah hal yang serius di perhatikan oleh semua pengguna template, banyak pilihan font dari google namun anda harus lebih berfokus memilih font user friendly saja, gaya tulisan beraneka ragam kemungkinan tidak akan banyak yang suka selain itu pemilihan font kurang user maka berakibat akan memperberat loading blog, anda bisa menggunakan font dasar seperti Arial, Tahoma, Giorgia, Impact dan Verdana. font ini adalah font defult dari internet sendiri tentu dengan font ini tidak akan memperberat loading blog.

18. Jangan gunakan Iframe/Bingkai pada blog
pilih saja baground warna polos seperti warna putih, penggunaan iframe yang merwarna-warni bisa loading berat.

19. Sebisa mungkin Template Blog SEO Friendly harus mengaitkan 20 kata kunci.

20. Gunakan rel nofollow
Di kolom komentar, jangan dofollow
Dan Menambahkan atribut nofollow pada link-link yang tidak penting seperti pada date time, label, dan halaman-halaman yang bisa menimbulkan masalah duplicate content. Sehingga bot google tidak merayap atau meng-crawl halaman-halaman tersebut.

21. Terdapat Alt Atribut untuk gambar Di Dalam Template

Alt Atribut adalah sebuah Deskripsi yang akan keluar di bagian Thumbnail atau Gambar. Dengan adanya Alt Atribut ini maka Blog sobat akan mendapatkan peluang masuk ke halaman pertama Search Engine Google.

22. Sidebar Terdapat Di Sebelah Kanan Dan Postingan Berada Di Sebelah Kiri

Sebenarnya ini bukan lah Faktor penentu dari SEO Friendly nya, tetapi ini adalah Faktor agar pengunjung Blog sobat akan Nyaman jika postingan Blog sobat berada di sebelah kiri.

23. Navigasi Di Dalam Template

Dengan navigasi Pengunjung Blog akan lebih mudah menjelajahi isi dari Blog sobat. Maka dari itu Template sobat haruslah mempunyai Navigasi Blog yang mudah.

24. Tidak Adanya Kesalahan Stuktur Data Di Dalam Template Tersebut

Tidak adanya Error Struktur data Template tersebut. Ini juga sangat penting karena jika ada kesalahan atau Error di Structur data Template tersebut. Maka Robot Google akan kesulitan merayapi Blog sobat secara menyeluruh.

25. Tidak terlalu banyak memasang gambar atau banner di sidebar. Jika terpaksa gunakan scroll atau spoiler untuk meminimalisir kedua hal tersebut, dan bisa juga menggunakan/merubah gambar menjadi gambar tipuan agar loading blog tetap stabil, silakan buka http://dopiaza.org/tools/datauri/index.php

Kesimpulan

Membuat dan mengelola blog menjadi blog seo friendly memang tidaklah mudah, karena seo itu sendiri bersifat dinamis dan tidak tetap. Hal ini sejalan dengan meningkatnya kebutuhan kualitas pelayanan yang harus dilakukan search engine itu sendiri terhadap pengalaman pengguna disebuah laman blog.

Ciri-ciri Blog SEO friendly diatas hanyalah berdasarkan apa yang sudah saya ketahui, masih banyak ciri-ciri lain yang bisa Anda temukan sejalan dengan pengalaman ngeblog yang Anda lakukan saat ini.

Demikianlah artikel tentang ciri-ciri blog seo friendly yang bisa saya informasikan, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

    email this

1 komentar: