Waktu Publis 08.17.00 - by Mas seo - 0 comment

Apa Fungsi Internal Linking di Dalam Website/ Blog?


Apa Fungsi Internal Linking di Dalam Website/ Blog?
Ada banyak sekali diskusi internet marketer, webmaster, dan pelaku SEO, yang membahas tentang link building. Saya juga sering menemukan diskusi tentang strategi membangun backlinks terbaru dengan tehnik yang katanya paling ‘mumpuni’ yang akan meningkatkan peringkat sebuah halaman website di mesin pencari Google. Saya melihat, ada hal penting yang terlupakan dalam diskusi tersebut, mereka melupakan strategi internal links yang ada pada sebuah website/ blog.
Internal linking adalah sebuah link dari satu halaman website menuju halaman lain di dalam website yang sama, dimana isinya masih berhubungan. Ini adalah salah satu cara untuk membantu crawler Google dalam menjelajahi halaman situs kita. Selain itu, internal links juga memungkinkan para pengunjung website kita dalam menemukan informasi lain yang masih terkait. Tentunya ini akan membuat pengunjung akan berada lebih lama di situs kita. Pada dasarnya, internal linking dalam website/ blog adalah salah satu bagian yang sangat penting di dalam meningkatkan onsite SEO (Search Engine Optimization).

Apa saja manfaat Internal Linking?
Untuk saya pribadi, tujuan utama dari internal linking adalah untuk memudahkan mesin pencari dalam menjelajahi, mengindeks semua halaman, dan melihat struktur blog saya secara keseluruhan. Struktur website yang rapih akan membuat semua halaman website Anda terindeks dengan baik di Search Engine, dan ini artinya halaman situs Anda akan mudah dicocokkan dengan pencarian user di Search Engine, misalnya Google.

1. Meningkatkan penggunaan dan pengalaman user di situs Anda

Sebenarnya sudah banyak blog yang membahas tentang pentingnya internal linking untuk SEO, tapi sebenarnya bukan itu saja manfaatnya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, internal links akan memudahkan pengunjung untuk menavigasi website Anda dan membuka halaman konten lain di website Anda.
Bayangkan seseorang yang menemukan sebuah link artikel Anda di dalam hasil pencarian Google. Setelah mereka membacanya dan menemukan informasi yang mereka butuhkan, kemungkinan mereka akan menutup halaman website Anda atau menekan tombol back. Berbeda halnya jika mereka menemukan anchor text links di dalam artikel Anda tentang informasi lainnya yang mungkin menarik buat pengunjung. Link ini akan mengarahkan pembaca tersebut ke postingan lainnya yang masih berhubungan. Dan jika mereka menyukai tulisan Anda, mungkin saja dia akan menjadi subscriber blog Anda dan akan kembali lagi di lain waktu.
Internal links bisa membuat pengunjung berlama-lama di blog Anda dan membuka halaman-halaman lain di blog tersebut. Membuat pengunjung betah di blog Anda akan menurunkan tingkat bounce rate (rasio pentalan) website Anda, dan ini sangat penting karena Google memperhitungkan tingkat bounce rate sebagai metrik dalam menentukan apakah blog Anda memiliki konten berkualitas atau tidak. Jika pengunjung terlalu cepat meninggalkan blog Anda, Google bisa menganggap bahwa blog tersebut tidak memberikan manfaat bagi pembacanya, dan ini bisa berakibat turunnya peringkat blog Anda di mesin pencari Google.

2. Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) situs Anda

Dengan membuat internal links, Anda sudah membantu spider mesin pencari untuk menjelajahi situs Anda dengan mudah dan cepat. Memposting banyak konten dengan internal links tentunya akan lebih baik daripada membiarkan halaman post tersebut tidak ada link ke halaman post Anda yang lain.
Membuat internal links ke halaman lain dengan kata kunci yang relevan merupakan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan nilai SEO postingan Anda. Tentunya hal ini sangat mudah dilakukan. Misalnya bisnis atau blog Anda adalah bergerak dibidang jasa laundry, Anda bisa membuat internal link dengan menggunakan frase kata kunci “Jasa Laundry Murah” dari postingan yang membahas tentang pakaian bersih menuju ke postingan Anda yang lain yang menawarkan jasa laundry dengan harga yang murah. Ini akan membantu Search Engine untuk memahami isi konten website Anda secara keseluruhan.

3. Meningkatkan visibilitas konten di dalam website Anda

Seiring bertambahnya waktu, konten di dalam website/ blog Anda tentunya akan semakin bertambah dari hari ke hari. Beberapa konten mungkin saja akan tenggelam dan semakin sulit ditemukan oleh pengunjung website Anda karena banyaknya konten yang baru.
Jika Anda memiliki sebuah halaman konten yang ingin Anda perlihatkan pada pengunjung blog Anda, namun ternyata halaman tersebut tidak sepopuler halaman lainnya, maka Anda bisa menambahkan link menuju halaman tersebut di dalam halaman konten lain yang cukup sering dibaca oleh pengunjung blog Anda.
Anda bisa memperlihatkan konten-konten lama milik Anda dengan cara menempatkan internal link menuju halaman tersebut di dalam postingan yang populer dan sering dikunjungi pembaca blog Anda. Semakin banyak halaman blog Anda yang dibuka oleh pengunjung dan diakses oleh mesin pencari, maka visibilitas blog Anda akan semakin baik. Tentunya ini akan memberikan hasil yang lebih baik pada website dan juga bisnis Anda.
Perhatikan ini Ketika Membuat Internal Linking
Jika kita melakukannya dengan benar, maka hasil baiknya akan kita lihat dalam halaman pencarian Google. Dalam penggunaan WordPress, beberapa webmaster ‘menyerahkan’ tugas membuat internal linking pada sebuah plugin, misalnya plugin Search Term Tagging 2 (STT2).
Plugin WP ini (STT2) memang bisa membantu kita dalam membuat internal linking secara otomatis berdasarkan keyword dan tag, dengan jumlah yang tidak terbatas. Namun, pada kenyataannya, banyak pengguna yang tidak mengerti cara mengaturnya sehingga membuat internal linking di dalam websitenya menjadi tidak terkendali. Bukannya mendapatkan hasil yang baik, justru akan membuat blognya dianngap SPAM oleh mesin pencari.

Karena itu, perhatikan hal-hal berikut ini ketika membuat internal linking:
Buat internal linking ke halaman yang terkait.
Buat internal linking sewajarnya, jangan terlalu banyak.
Gunakan anchor text yang berfariasi dan sesuai dengan halaman yang dituju.
Lakukan internal linking dengan teratur.
Seperti yang Anda lihat pada blog ini, saya menggunakan plugin untuk membuat related post di setiap postingan, tapi saya juga membuat internal linking menuju halaman terkait secara manual.
Read More

    email this
Waktu Publis 08.14.00 - by Mas seo - 0 comment

Langkah Sederhana Untuk Memaksimalkan SEO Sebuah Website


Langkah Sederhana Untuk Memaksimalkan SEO Sebuah Website
Jika anda memiliki sebuah bisnis dan ingin memasarkan secara online, maka salah satu strategy pemasaran yang sangat efektif saat ini adalah dengan memanfatkan mesin pencari, contohnya Google. Bila website/ blog anda masuk dalam 10 besar hasil pencarian google untuk kata kunci yang anda bidik, dapat dipastikan bahwa pengunjung website anda akan banyak berasal dari search engine dan kemungkinan besar mereka akan membeli produk atau menggunakan jasa yang anda jual melalui website anda.  Pemasaran melalui search engine optimization boleh dibilang sebagai tehnik pemasaran yang paling elit dan efektif karena gratis dan konversinya biasanya tinggi.
Untuk membantu website anda masuk dalam 10 besar hasil pencarian google, bukanlah hal yang mudah… hum bukan hal yang terlalu sulit juga. Sudah banyak informasi di internet yang membahas tips dan triks agar sebuah situs optimal di search engine terutama google. Beberapa informasi ada yang memberikan tips optimasi On Page dan ada juga yang memberikan tips optimasi Off Page. Saya coba merangkum secara garis besar, apa saja yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan SEO (search engin optimization) sebuah website/ blog.
Berikut ini adalah 8 langkah yang wajib dilakukan untuk mengoptimalkan SEO sebuah website:

1. Riset Kata Kunci
Ketika anda akan membuat sebuah website untuk bisnis anda, tentunya anda tidak membuatnya begitu saja tanpa ada sebuah perencanaan. Langkah pertama yang sangat penting dan harus anda kerjakan adalah mencari tahu bagaimana orang mengetik kata kunci di search engine google untuk mencari informasi yang butuhkan. Bagaimana caranya? Anda dapat melakukan riset keywords dengan menggunakan Google Adwords: Keyword Tools, layanan ini disediakan oleh Google secara gratis.

2. Gunakan Domain Berisi Kata Kunci
Setelah update algoritma penguin yang lalu beberapa orang mengatakan bahwa keywords on domain adalah sesuatu yang buruk karena bisa dianggap SPAM oleh search engine. Saya bukan master SEO atau punya keahlian super di dunia SEO, tapi saya cukup mengerti bahwa di dunia online marketing banyak orang mengatakan hal-hal yang tidak pasti seolah mereka yang paling mengerti banyak hal tentang SEO.
Sebenarnya domain tidak harus berisi kata kunci, itu bukan sebuah keharusan. Tapi dengan memasukkan keywords dalam domain tentunya akan membantu mesin pencari untuk mengetahui fokus website yang dibuat. Misalnya membuat web tentang penyedia jasa SEO atau jasa backlink, bisa saja menggunakan domain gudangbacklink.com, rajaseo.com, seomax.com, ratuseo.com, dan lain-lain. Sedangkan contoh domain yang tidak menggunakan keywords on domain biasanya adalah website perusahaan-perusahaan, contohnya google.com, facebook.com, twitter.com, detik.com, yahoo.com, dan lain-lain.
Pada intinya keywords on domain tidak pernah berbahaya untuk website anda, hal itu hanya berlaku untuk situs-situs SPAM, dan tentunya anda tidak berencana membuat sebuah situs SPAM, right? So, menggunakan kata kunci  tertentu pada domain situs anda adalah sesuatu yang baik, oh ya saya menyarankan untuk menggunakan ekstensi yang sesuai dengan core bisnis, misalnya ekstensi dot com untuk situs komersial.

3. Gunakan Platform Yang Tepat Untuk Website Anda
Sebenarnya tidak masalah mau membangun situs anda dengan menggunakan platform yang anda sukai. Bagaimanapun juga, bila anda ingin membuat sebuah situs yang Google friendly dan user friendly maka platform WordPress adalah pilihan terbaik. Pada platform WordPress kita juga dapat menginstal berbagai plugins yang dapat membantu kegiatan SEO dan juga membantu tampilan situs agar terlihat lebih baik.

4. Gunakan Permalinks Yang Baik
Pastikan setiap permalink postingan anda berisi judul postingan karenan permalinks yang baik sangat membantu dalam kegiatan seo anda. Itu sebabnya mengapa saya sarankan memakai platform WordPress karena anda akan lebih mudah mengubah settingan permalinks di WordPress. Untuk settingan permalinks postingan biasanya saya menggunakan custom struktur seperti ini /%postname%/ atau /%postname.html

5. Plugins SEO
Seperti saya katakan sebelumnya, kelebihan WordPress adalah dapat diinstal plugins pendukung yang dapat membantu SEO situs anda. Beberapa plugins WordPress yang sangat membantu SEO website anda adalah:
– Yoast WP SEO atau All In One SEO Pack
– Google XML Sitemaps
– SEO Friendly Images
– Dan lain-lain (akan dibahas dipostingan berikutnya)

6. Konten Berkualitas
Ada beberapa perdebatan tentang konten berkualitas itu seperti apa, ada yang bilang “artikelnya minimal 500 kata”, dan ada yang bilang “artikelnya minimal 700 kata”, faktanya adalah tidak ada yang lebih baik dari sebuah konten yang original. Buatlah konten untuk pembaca anda, buatlah bagaimana agar pembaca anda ingin membaca semua konten anda terus menerus. Seperti yang sudah disampaikan oleh pihak google sendiri bahwa konten adalah RAJA, maka sebaiknya anda tetap mengupdate website anda dengan konten yang original dan menarik bagi pembaca anda.

7. Gunakan Social Media
Jaman teknologi digital sekarang ini siapa sih yang tidak mengenal twitter, facebook, Google plus, dan lain-lain… setidaknya pasti mengenal salah satunya. Jika anda sedang membaca artikel ini dan tidak punya salah satu akun social media, saya pikir itu sesuatu yang “luar biasa” – sungguh terlalu :P. Bagi pemilik situs, memiliki akun twitter dan facebook adalah sebuah keharusan. Social media ini tidak hanya akan membantu SEO website anda, tapi juga akan menambah pengunjung ke website anda.

8. Membangun Backlinks
Algoritma search engine akan selalu berubah dari waktu ke waktu, namun hal penting yang tidak akan pernah berubah dalam SEO adalah backlinks. Hal penting yang harus tetap kita perhatikan ketika membangun backlinks untuk sebuah situs adalah membangun backlinks yang berkualiats. Gunakan waktu senggang anda untuk membangun backlinks yang berkualitas dan perlu dilakukan secara terus menerus dengan bertahap.

8 langkah di atas adalah strategy untuk memaksimalkan SEO sebuah website dan wajib diterapkan bila anda ingin mendapat perhatian dari search engine, terutama google. Bila anda tidak dapat melakukan hal di atas atau tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya, sebaiknya anda menyewa seorang webmaster yang mengerti tentang SEO.
Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat tentang cara mengoptimalkan SEO website.
Read More

    email this
Waktu Publis 08.10.00 - by Mas seo - 0 comment

Strategi Dalam Membangun Backlinks Untuk Website / Blog


Strategi Dalam Membangun Backlinks Untuk Website / Blog
Backlinks adalah salah satu faktor penting di dalam SEO (search engine opitimzation). Selama masih ada mesin pencari (search engine), terutama mesin pencari Google, maka backlinks akan selalu punya peranan penting dalam peningkatan ranking sebuah website di mesin pencari. Backlinks adalah sebuah cara untuk meningkatkan SEO, namun efektivitas backlinks itu sendiri sangat dipengaruhi banyak faktor, misalnya; sumber backlinknya, anchor text, jumlah backlinks, dan lain-lain.

Berdasarkan pengalaman saya, jumlah backlinks tidak bisa menjamin ranking sebuah website akan lebih baik di mesin pencari. Bahkan, backlinks yang terlalu banyak menuju sebuah website justru bisa menyebabkan website tersebut mengalami ‘masalah’, misalnya posisinya merosot di search engine, bahkan bisa mengalami deindex atau dihapus dari daftar hasil pencarian search engine.
Saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang strategi membangun backlinks yang sering saya lakukan. Sebenarnya ini bukan murni hasil pikiran saya, namun belajar dari pengalaman orang lain dan juga dari beberapa sumber lain yang kemudian saya lakukan pada beberapa website yang saya kelola. Hasilnya memang berfariasi, beberapa website saya mengalami peningkatan yang cukup baik secara perlahan-lahan, dan sebagian lainnya mengalami peningkatan ranking yang sangat signifikan.

Strategi Membangun Backlinks

1. Penggunaan Anchor Text
Kalau jaman dulu, membuat posisi website untuk kata kunci tertentu biasanya dengan menggunakan anchor text yang persis seperti kata kunci yang dibidik (exact match) sebanyak-banyaknya. Tapi jaman Google Penguin dan Panda, cara seperti ini tidak dianjurkan karena justru akan membuat website yang dibacklinks mendapat masalah.
Persentase Anchor text yang dianjurkan untuk backlinks:
Exact match: 0 – 15% (misalnya: Toko sepatu murah, pakaian wanita trendy, jasa SEO murah, bisnis online, dll)
URL: 30% – 80% (misalnya: www.maxmanroe.com, www.kaskus.co.id, pengusaha.co, dll)
Brand: 10% – 80% (misalnya: Detik, Kaskus, Maxmanroe, Google, Yahoo, dll)
Random: 30% – 80% (misalnya: klik link ini, kunjungi website, lihat website, buka website, dll)
Untuk angka persentase tidak harus persis seperti yang saya sebutkan di atas, bisa dikira-kira sendiri oleh pemilik website. Yang pasti, backlinks yang digunakan sebaiknya dibuat dengan anchor text yang berfariasi.

2. Sumber Backlink Yang Relevan (link relevancy)
Banyak internet marketer dan blogger yang tidak perduli sumber backlinksnya dari mana saja, yang penting dapat backlinks. Kalau Anda salah satu orang yang sering berpikir seperti itu, maka Anda harus mengubahnya karena relevansi sebuah sumber backlinks sangat berpengaruh pada kualitas backlink yang kita bangun. Misalnya saja saya memiliki blog dengan konten/ topik tentang Internet Marketing, tentunya akan lebih baik bila mendapatkan backlinks dari website/ blog yang punya topik yang sama atau masih berkaitan dengan topik website saya.
Selain itu, konten di sekitar links juga sangat berpengaruh pada kualitas link tersebut. Misalnya saya membuat sebuah artikel yang membahas tentang “Cara menanam cabai” pada sebuah blog yang topiknya tentang Agrobisnis. Lalu tiba-tiba ada link di dalam artikel tersebut yang menuju halaman website lain yang isinya tentang “Tips merawat sepeda motor”. Tentunya ini bukan cara yang benar dalam membangun backlinks untuk website kita.
Artikel terkait: Pakar SEO Indonesia
Persentase backlink dari website / konten dari situs lain yang relevan:
Website: 40% – 80% (misalnya: Web tentang bisnis online nge-link ke web tentang SEO)
Konten: 70% – 90% (misalnya: konten tentang cara membuat website nge-link ke web tentang bisnis online)
3. Variasi sumber backlinks (link diversity)
Ini sangat penting untuk diperhatikan ketika membangun backlinks ke website kita. Sebuah website biasanya akan mendapatkan ranking yang sangat bagus bila website tersebut mendapat links dari berbagai jenis website dibandingkan bila links berasal dari satu jenis website.
Kita bisa membangun links dari beberapa sumber, diantaranya; Web 2.0, Web PDF sharing, situs media sosial (Facebook, Twitter, Google plus), Blog roll, situs berbagi gambar (Pinterest), Forum, Social bookmarking, dan lain-lain. Semakin bervariasi sumber backlinks ke website kita maka akan terlihat lebih natural.

4. Rel Nofollow dan Dofollow
Banyak blogger dan internet marketer yang “meremehkan” link nofollow dan hanya memberikan backlinks dofollow kepada website mereka. Fakta yang ada di ‘lapangan’ adalah sangat banyak website yang memiliki ranking bagus di SERP setelah diberikan backlinks nofollow. Memang link nofollow tidak akan “menyumbang” untuk page rank (PR) sebuah website, tapi tetap akan memberikan link juice.
Persentase jumlah backlink nofollow untuk website yang disarankan:

10% – 40%
5. Backlink dari IP dan C Blocks yang berbeda
IP (internet protocol) adalah alamat sebuah komputer yang unik pada jaringan internet, atau bisa juga dianalogikan seperti alamat rumah kita, nomor rumah, nomor kode pos, dan daerah. Internet protocol (IP) di Indonesia misalnya 103.244.204.0 dan 103.244.245.0. Nah, C blocks adalah angka yang saya bold dan digaris bawahi.
Backlinks yang berasal dari website dengan IP dan C blocks yang berbeda jauh lebih baik dibandingkan dengan backlinks dari website dengan IP dan C blocks yang sama. Yang dimaksud di sini adalah host sebuah website yang nge-link ke situs Anda berasal dari IP dan C blocks yang berbeda. Misalnya, Web 2.0 seperti Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, Blog.com, dan lain-lain. Jadi, jika Anda memiliki beberapa website dimana hostingnya berasal dari satu host, sebaiknya Anda berhati-hati dalam memasang link satu sama lain.

6. Distribusi arah link ke website
Sebaiknya backlinks diarahkan ke beberapa halaman di dalam satu website, jangan hanya memberikan links ke home page saja. Beberapa orang mungkin terlalu fokus memberikan backlink ke home page, tapi menurut pengalaman saya, akan lebih baik jika distribusi backlinks juga diarahkan ke halaman lain (inner pages) di dalam website tersebut.

Persentase jumlah backlinks ke homepage dan inner pages yang disarankan:
Home page: 20% – 50%
Inner pages: 50% – 80%
7. Scheduling backlinks (Timing)
Membangun backlinks ke website/ blog akan lebih baik bila dikerjakan secara bertahap agar terlihat natural. Coba bandingkan mana yang lebih natural, 1000 backlinks yang dibangun hanya dalam satu hari lalu tidak ada backlinks di hari-hari berikutnya ATAU 1000 backlinks yang dibangun dalam 3 bulan – sekitar 11 link per hari – secara bertahap, Anda pasti sudah tahu jawabnya. Membangun backlinks ke sebuah website dengan jumlah terlalu banyak dan dalam tempo yang singkat akan memberikan sinyal pada mesin pencari bahwa situs Anda dioptimasi dengan cara yang berlebihan. Resiko yang bisa terjadi adalah website tersebut akan mengalami penurunan ranking atau bahkan deindex.
Selain itu, kita juga perlu memperhatikan umur website yang akan diberikan backlinks. Logikanya, website/ blog yang umurnya masih sangat ‘muda’ – apalagi domain baru – backlinksnya masih sedikit atau belum ada backlinks. Akan sangat tidak wajar bila website dengan domain baru tiba-tiba memiliki ribuan backlinks dari berbagai situs. Resiko terburuk yang bisa terjadi pada website tersebut adalah deindex, kalau tidak percaya silahkan dibuktikan hehehe.
Yang disebutkan di atas adalah beberapa hal penting yang harus kita perhatikan dalam membangun backlinks ke Website bisnis kita. Mungkin masih ada beberapa hal yang saya lewatkan, tapi setidaknya cara di atas sudah terbukti berhasil memberikan dampak positif untuk website saya.
Read More
    email this
Waktu Publis 08.10.00 - by Mas seo - 0 comment

Memilih Jasa SEO Indonesia – Harga Murah / Mahal Bukanlah Jaminan


Memilih Jasa SEO Indonesia – Harga Murah / Mahal Bukanlah Jaminan
Lagi-lagi saya menulis tentang SEO (search engine optimization). Topik ini memang sangat menarik karena sekarang ini banyak sekali orang yang mencari informasi melalui search engine seperti Google atau Bing. Meningkatnya pengguna mesin pencari membuat pemilik website berlomba-lomba agar situs mereka menjadi yang utama di halaman pencari mesin pencari untuk kata kunci tertentu, terutama mesin pencari Google. Dan salah satu langkah yang sering dilakukan oleh pebisnis untuk membuat situs mereka berada di halaman utama mesin pencari adalah dengan cara menyewa penyedia jasa SEO.

Kalau kita mengetikan kata kunci “Jasa SEO” (tanpa tanda petik) di halaman search engine Google, pasti kita akan menemukan banyak website yang menawarkan jasa optimasi posisi situs di halaman mesin pencari, terutama Google. Penyedia jasa optimasi posisi website ini bisa saja sebuah perusahaan yang fokus pada SEO atau bisa juga perorangan yang memiliki kemampuan dalam hal SEO.  Tidak perduli apakah itu sebuah perusahaan atau perorangan, yang pasti kita harus berhati-hati dan jeli dalam memilih penyedia jasa search engine optimization.

Ada banyak pemilik website yang melakukan kesalahan karena menyewa jasa optimasi website di mesin pencari dari penyedia jasa SEO yang tidak kompeten. Kesalahan tersebut mengakibatkan situs mereka ‘terlempar’ dari halaman pencarian di Google atau bahkan dihapus oleh Google dari halaman pencarian mereka karena penyedia jasa tersebut melakukan praktek optimasi yang berbahaya. Beberapa tahun yang lalu, Saya menjadi salah satu korban yang menyewa penyedia jasa SEO yang tidak kompeten yang akhirnya mengakibatkan salah satu website saya mengalami deIndex di halaman pencarian Google. Sedih memang, tapi harus dihadapi dengan lapang dada :)

Dari pengalaman saya itu, akhirnya saya memutuskan untuk mengerjakan sendiri SEO untuk website saya. Cukup melelahkan memang, tapi jauh lebih baik daripada mengambil resiko dibanned dari search engine Google karena praktek SEO yang membahayakan situs saya sendiri. Bila Anda ingin menggunakan jasa SEO untuk situs Anda, sebaiknya lakukan sedikit riset tentang penyedia jasanya, jangan terburu-buru untuk memilih penyedia jasa optimasi mesin pencari.

Artikel terkait: Memaksimalkan SEO Sebuah Website

Berikut ini adalah tips singkat dalam memilih Jasa SEO Indonesia untuk situs bisnis Anda:

1. Anda Dapat Menemukan Situs Penyedia Jasa SEO di search engine Google

Poin 1 ini menurut saya adalah mutlak. Bagaimana mungkin kita bisa percaya pada sebuah penyedia jasa optimasi situs di mesin pencari jika ternyata website mereka sendiri tidak bisa ditemukan di mesin pencari? Yang saya maksud di sini adalah kita bisa menemukan situsnya di halaman pencarian bukan iklan yang ada di halaman pencarian, ini adalah dua hal yang berbeda.

Menurut saya situs penyedia jasa optimasi situs di mesin pencari tidak harus berada pada posisi #1 untuk keyword “Jasa SEO” tapi setidaknya website mereka berada pada halaman 1 atau halaman 2 untuk keyword tersebut. Namun, jika sebuah perusahaan SEO  baru membangun website mereka dimana dalam tim mereka terdiri dari orang-orang yang punya reputasi baik di dunia SEO dan website mereka belum berada di halaman pencarian Google, ada baiknya Anda mempertimbangkan juga jasa mereka.

2. Penyedia Jasa SEO Menawarkan Harga Yang Masuk Akal

Hati-hati dengan penyedia jasa yang menawarkan harga yang sangat murah atau sangat mahal. Harga murah bisa sangat menggoda bagi seseorang karena sudah menjadi kodrat manusia ingin mendapatkan sesuatu yang diinginkan dengan pengeluaran yang sesedikit mungkin, sebenarnya saya juga begitu LOL. Dan harga mahal bisa juga mempengaruhi pikiran seseorang, banyak orang yang berpikir “harga yang mahal, pasti kualitasnya bagus”.

Harga bukanlah patokan yang bisa diandalkan ketika kita ingin memilih penyedia jasa SEO. Karena itu, sebaiknya Anda membandingkan beberapa penyedia jasa, dan memilih perusahaan yang menawarkan harga yang masuk akal. Ukuran biaya optimasi situs di mesin pencari bisa kita perkirakan dengan melihat dari tingkat kesulitan persaingan yang ada di search engine untuk kata kunci yang Anda bidik. Sekali lagi, jangan pernah terjebak dengan judul “Jasa SEO Murah”, lebih baik sedikit mahal tapi memang benar-benar bisa diandalkan karena ini menyangkut website bisnis Anda untuk jangka waktu yang lama.

3. Perhatikan Testimonial Dari Pelanggan

Testimoni dari pelanggan sebelumnya adalah sesuatu yang perlu kita perhatikan sebelum memilih penyedia jasa SEO. Namun, ada beberapa penyedia jasa SEO yang membuat testimoni palsu di dalam situs mereka untuk mempengaruhi calon pelanggan, jangan sampai terjebak dengan bentuk testimonial seperti ini. Pastikan testimonial berasal dari orang yang nyata dan benar-benar pernah menggunakan jasa dari penyedia jasa SEO yang akan Anda sewa.

Untuk testimonial, Anda perlu memperhatikan siapa orang yang membuat testimonialnya dan bila memungkinkan Anda bisa melihat websitenya di mesin pencari untuk keyword yang dia bidik. Langkah lain yaitu dengan menghubungi si pemilik testimonial langsung untuk meminta ulasan lebih detail tentang penyedia jasa SEO yang pernah dia gunakan.

4. Penyedia Jasa SEO Bersedia Melakukan Analisa Website Yang Akan Dioptimasi

Biasanya penyedia jasa SEO memberikan layanan gratis yaitu analisa singkat tentang tingkat persaingan untuk niche atau kata kunci yang kita bidik. Pastikan bahwa si penyedia jasa yang akan Anda hire mau memberikan layanan ini agar Anda mengetahui tingkat kesulitan yang ada. Bila penyedia Jasa ternyata tidak mau memberikan analisa website Anda atau memberikan tarif tambahan maka sebaiknya Anda berpikir ulang untuk menggunakan jasa dari mereka.

Penyedia jasa SEO yang kompeten akan bersedia memberikan analisa singkat tentang website Anda dan juga tentang persaingan niche website Anda di mesin pencari secara gratis. Sebenarnya analisa singkat yang dilakukan tidak perlu terlalu mendalam dan hal ini bukanlah sesuatu yang rumit untuk dilakukan oleh seorang yang mengerti tentang SEO. Ini salah satu cara kita menilai kemampuan si penyedia jasa SEO, apakah dia mampu memberikan analisa yang profesional tentang persaingan pada niche Anda dan juga tentang kualitas SEO dari situs Anda.

5. Perhatikan Tampilan Website Penyedia Jasa SEO

Banyak orang mengatakan “jangan menilai seseorang dari tampilan luarnya”, yup … untuk banyak kasus memang kata-kata bijak itu bisa berlaku. Tapi bila kita bicara tentang sebuah jasa dari perusahaan ataupun perorangan maka tentunya dia harus bisa mempresentasikan jasanya dengan baik. Tampilan website yang profesional tentunya tidak cukup menjadi dasar penilaian kita, perhatikan juga struktur dari websitenya (penggunaan code HTML, H1, H2, meta tag, dan lain-lain).

Perhatikan juga apakah website si penyedia jasa SEO mudah diakses atau tidak. Jika websitenya sulit diakses, sering down, atau loadingnya sangat berat, tentunya ini perlu Anda pertanyakan. Orang yang mengerti tentang SEO pastinya mengerti bahwa loading website yang berat akan mempengaruhi SEO. Bagaimana mungkin penyedia jasa SEO bisa memberikan kualitas jasa yang baik pada pelanggan jika situsnya sendiri sulit diakses?

6. Jangan Pernah Terlena Dengan Janji Yang Berlebihan Dari Penyedia Jasa SEO

Saya pernah beberapa kali membaca artikel di halaman website penyedia jasa SEO dimana mereka mengatakan bahwa dengan jasa mereka website pelanggan bisa menjadi No. #1 di halaman mesin pencari Google. Lalu saya tanya, memangnya yang punya Google itu siapa? Ini adalah janji semu, jangan langsung percaya pada penyedia jasa SEO yang mengatakan bahwa mereka bisa membuat situs Anda menjadi No. #1 di mesin pencari Google karena peringkat sebuah situs di mesin pencari dipengaruhi oleh banyak faktor.

Juga, jangan langsung percaya pada janji semu dari penyedia jasa SEO yang mengatakan bahwa dengan bantuan mereka situs Anda akan masuk halaman utama pencarian Google dalam tempo yang singkat. Optimasi website di mesin pencari itu adalah sebuah proses yang tidak terjadi hanya dalam satu malam, itu butuh waktu dan effort. Algoritma mesin pencari – terutama Google – selalu mengalami perubahan (update), hari ini Anda bisa berada di posisi #1 tapi bisa saja itu hanya sementara karena pesaing Anda juga melakukan optimasi pada situs mereka.

7. Pelajari Apa Yang Akan Dilakukan Penyedia Jasa SEO

Pastikan Anda bertanya pada penyedia jasa SEO bagaimana mereka akan mengoptimasi situs Anda di mesin pencari. Ini sangat penting karena website bisnis Anda sangat berharga. Mereka tidak harus menjelaskan secara detail bagaimana strategi mereka dalam melakukan optimasi, tapi paling tidak mereka bisa menjelaskan langkah-langkah yang perlu dilakukan agar optimasi website Anda dapat berjalan dengan maksimal.

Jika penyedia jasa SEO ternyata mengerjakan semua proses optimasinya dengan menggunakan software maka Anda harus berhati-hati. Banyak situs yang mengalami penurunan peringkat secara drastis atau bahkan deIndex di Google karena menggunakan software-software SEO dengan cara yang salah. Penggunaan software dengan cara yang salah dalam mendapatkan backlinks dapat membuat sebuah situs dianggap melakukan kegiatan SPAM, inilah yang membuat situs tersebut mengalami penurunan peringkat yang drastis atau deIndex.

8. Pastikan Penyedia Jasa SEO Memiliki Profil dan Daftar Kontak Yang Valid

Penting untuk memperhatikan keberadaan atau lokasi si penyedia jasa agar Anda bisa menghubungi mereka kapan saja. Idealnya, sebagai sebuah perusahaan jasa dibidang SEO, harusnya mereka memiliki beberapa fasilitas untuk berkomunikasi dengan pelanggan seperti alamat kantor, telepon, email, YM, BBM, skype, ataupun yang lainnya. Tidak harus semuanya, tapi paling tidak mereka bisa dihubungi melalui email, telepon, dan chating.

Menurut saya, penting juga untuk mengetahui profil tim dari penyedia jasa SEO tersebut. Jika mereka berani menunjukkan profil pribadi di situs bisnis mereka, ini berarti perusahaan itu serius dalam menjalankan bisnisnya sebagai penyedia jasa SEO. Saya tidak tahu pendapat Anda, tapi menurut saya penyedia jasa yang berusaha menutupi identitas tim mereka bukanlah perusahaan yang bisa langsung dipercaya.

Artikel ini sudah terlalu panjang, mudah-mudahan Anda tidak bosan membacanya hehehe. Delapan poin yang disebutkan di atas sangat penting untuk kita perhatikan sebelum memutuskan untuk menyewa jasa SEO dari sebuah perusahaan atau perorangan.  Harga mahal bukan berarti bagus, dan harga murah bukan berarti jelek, keputusan kita dalam memilih jasa orang lain harus didasari riset yang kita lakukan terlebih dahulu agar tidak ada penyesalan dikemudian hari.
Read More
    email this